Catatan Pinggir

Senin, 05 Juli 2010

Perampok Bank Danamon Kotabaru Tiba Di Banjarmasin

BANJARMASIN – Sabtu (3/7) sore sekitar pukul 16.30 Wita, pembobol Bank Danamon Cabang Kotabaru, Tukimin tiba di Mapolda Kalsel, setelah dijemput dari Bandara Syamsudinnor setibanya dari Bandara Adi Sucipto Jogjakarta.
Warga Jln Simpang Karya RT 11 Kotabaru, ini ditangkap Kamis (1/7) dini hari sekitar pukul 01.00 Wib dikawasan Komplek Prambanan RT 01 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pria 45 tahun itu diamankan petugas gabungan Dit Reskrim Polda Kalsel, Dit Reskrim Polda DIY, Sat Reskrim Poltabes Yogyakarta dan Polres Sleman ketika sedang tidur di rumah yang baru dibelinya tersebut.
Dalam pemeriksan penyidik Tukimin mengaku mengetahui nomor pin brangkas bank tersebut karena pin tersebut disimpan di loker. Sementara, lanjutnya, dirinya mempunyai akses untuk membuka loker itu. “Pin nya disimpan didalam loker. Saya bisa membuka loker tersebut,” akunya.
Tukimin yang merupakan Satpam Bank Danamon tersebut mengakui, dirinya melakukan aksi pembobolan tersebut sendirian tanpa ada bantuan oknum lain. Dijelaskan, begitu berhasil menggasak uang nasabah Rp1,9 miliar dan U$1400, ia langsung ke Banjarmasin. Setibanya di Banjarmasin, terang Tukimin, dia langsung terbang ke Jakarta. “Sesampainya di Jakarta saya menuju Solo, Jateng. Disana saya berada selama 2 hari. 2 hari di Solo ke Jakarta lagi dan menginap selam 2 hari. Baru setelah itu saya ke Sleman dan berdiam diri disana,” cetusnya.
Disinggung digunakan untuk keperluaapa uang hasil curian sebayak itu Tukimin mengatakan, uang tersebut sudah dibelanjakan sekitarRp200 juta. Sisanya, tambahnya, dititipkannya kepada salah seorang temannya. “Uang itu saya gunakan untuk memeli kendaraan Honda Vario,Mobil Suzuki Carry dan rumah di Komplek Prambanan RT 01 Sleman, DIY seharga Rp86 juta. Total saya belanjakan Rp200 juta. Sisa uang curiannya saya titip kepada teman,” tandas Tukimin sembari menatakan dirinya dibekuk ketika sedang tidur di rumah.
Dar informasi yang dihimpun, petugas masih melakukan pengejaran terhadap rekan Tukimin yang menerima titipan sisa uang Bank Danamon tersebut. Sebab, hingga Tukimin dibawa ke Banjarmasin masih belum ditangkap teman Tukimin tersebut.
Seperti diketahui, Sabtu (15/4) malam sekitar pukul 23.00 Wita Bank Danamon cabang Kotabaru kehilangan uang Rp1,9 miliar dan U$1400. Pengurasan brangkas bank tersebut diketahui keesokan harinya yakni sekitar pukul 06.00 Wita.
Diketahui Tukimin sebagai Satpam setempat sebagi pelaku, setelah petugas melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orangsaksi dan memutar ulang CCTV (Circuit Close Television). Beberapa waktu melakukan pengembangan, Tukimin akhirnya diciduk petugas.
Direktur Reskrim Polda Kalsel Kombes Pol Mas Guntur Laope melalui Kasat I Krimum AKBP Helfi Assegaf membenarkan pihaknya telah mengamankan pembonol uang Bank Danamon ini ke Mapolda Kalsel. Dijelaskan Helfi, penangkapan Tukimin pihaknya melakukan kerjasama dengan Dit Reskrim Polda DIY, Poltabes yogyakarta dan Polres Sleman.(aris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar