Catatan Pinggir

Selasa, 08 Juni 2010

Pelaku Curanmor Incar Yupiter MX, Mio dan Satria F

BANJARMASIN - Bagi anda pengguna sepeda motor jenis bebek bermerk Yupiter MX, Mio dan Satria F agar hati-hati dalam menjaga agra tidak dicuri.
       Disebut-sebut tiga jenis sepeda motor tersebut yang paling banyak terjadi kehilangan saat ini. Misal saja, salah satu wartawan di Banjarmasin, Arie dan salah satu pegawai Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Isa Barani. Keduanya kehilangan sepeda motor Satria F. Khusus untuk Isa, sepeda motornya masih belum diketemukan pihak kepolisian.
      Pasalnya saat ini, pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di kota ini, sedang mengincar ketiga jenis ini. Salah satu pelaku curanmor, M Irwan alias Iwan CBR menuturkan, di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin pelaku curanmor sedang gencarnya mencari sepeda motor itu.
      “Target saat ini Yupiter MX, Mio, dan Satria F. Sebab, ketiga jenis ini masih diharganya mahal,” ucap terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin ini, kepada MK, Selasa (8/6).
      Bahkan ungkapnya, dengan cara khusus nomor kerangka mesin bisa diganti. “Dan nomor ini terlihat seperti asli. Untuk kelengkapan seperti BPKB dan STNK bisa dipalsukan, kami punya oknum yang spesialis itu. Jadi pembeli yang tidak jeli akan percaya kalau barang itu, bukan hasil curian,” bebernya.
      Untuk itu, MK punya beberapa tips untuk memberi keamanan lebih bagi si roda dua. Pertama, memasang kunci pengamanan tambahan, seperti menggunakan kunci garpu depan atau kunci ban. Kedua, mengganti kunci original dengan model kembang yang tak mudah dibuka paksa dan menambahkan kunci stang.
      Ketiga, jika memarkirkan motor di halaman atau garasi rumah, usahakan untuk meletakannya di tempat yang paling dalam dan terhalang mobil atau benda lain, mengingat pencurian motor kadang juga dilakukan dengan cara mengangkatnya terlebih dulu dari area parkir di dalam rumah. Keempat, usahakan untuk selalu memarkirkan motor di tempat yang aman, atau mendapat penerangan yang cukup.
      Kelima, memasang alarm dengan bunyi-bunyian yang keras atau yang dapat mematikan mesin motor seketika saat dijalankan tanpa mematikan alarmnya terlebih dulu. (farid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar